Update Berita :

"Pesan untuk Pembekalan KKN (Kuliah Kerja Nyata)" Universitas Siliwangi

02 February 2013


Kampus Perjuangan, Selasa 29/01/13 - Universitas Siliwangi mengadakan kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Siliwangi Periode 1 Tahun Akademik 2012/2013 Januari sampai dengan Maret 2013 denga tema “Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui KKN Tematik untuk Mendukung Peningkatan IPM Kabupaten Tasikmalaya”.

Kegiatan yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) ini deselenggarakan dibeberapa tempat yaitu di Gd. Rektorat Lt. II, Gd. Mandala, dan Gd. Serbaguna Pascasarjana. KKN ini diikuti oleh mahasiswa semester 5 sudah memenuhi persyaratan KKN.
UKM KISI meliput salah satu kegiatan pembekalan di Gd Mandala yang dihadiri oleh Asden, Bupati, Rektor , LPPM, Periode 1 dan Camat dari setiap Kecamatan serta jajarannya.
 Seluruh mahasiswa di Universitas Siliwangi wajib melaksanakan KKN ini dengan syarat sudah menempuh 100 SKS dan akan dilaksanakan acara pelepasan di lapangan pada tanggal 2 Februari 2013 dan diserahkan pada Kecamatan desa wilayah Kabupaten Tasikmalaya,” ungkap ketua Pelaksana KKN, H. Syaefuddin. Drs. M.Si
 Kegiatan KKN periode ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Fakultas, diantaranya  FT, FIK, FKIP, FISIP, FAI, FE dan lainnya.
“Tujuan KKN Tematik ini untuk pemerintah daerah Kabupaten Tasikmalaya dalam mempercepat peningkatan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan (sustainable economic development),” jelas  Rektor Universitas Siliwangi dalam sambutan sekaligus pembukaan. Beliau juga mengungkapkan bahwa ini merupakan bagian Integral dari perkuiah Universitas Siliwangi. Tanpa mengikuti pembekalan tidak akan lulus KKN, saya berharap ikutilah sebaik mungkin kegiatan ini sehingga di lapangan nanti akan paham paham, program kerja masing-masing sudah dirancang dan yang harus dilakukan sudah jelas.
Pak Rektor juga menyatakan bahwa“KKN itu Kisah Kasih Nyata”, mahasiswa akan mempunyai pengalaman dalam bidang kemasyarakatan, untuk mengambangkan lembaga Unsil, dan untuk meningkatkan kepribadian berdasarkan potensi yang kita miliki dan produk KKN 2013 lebih baik.
Dalam sambutannya, Bupati Tasikmalaya menyatakan bahwa Perguruan Tinggi Universitas Siliwangi memiliki kepakaan terhadap perubahan dan membantu perubahan yang lebih baik. Tetapi hal hal yang harus kita lakukan mahasiswa perlu memberikan pemikiran terhadap pemerintah, berbagai ilmu kemasyarakatan melalui KKN ini.
“Tolong dorong masyrakat untuk meningkatkan gotong royong dan JUMSIH (Jumat bersih) hal ini perlu diperhatikan karena masyarakat sekarang di desa jarang melakukan ini serta mengenai kesehatan untuk hidup berprilaku sehat,” pesannya kepada seluruh mahasiswa.
Selain itu, Bupati Tasikmalaya menghimbau untuk menebarkan kasih sayang terhadap msyarakat di sekitarnya. “Mahasiswa itu harus jujur, ikhlas, keagamaan di masyarakat, mengikuti kajian mingguan, berbicara di masyarakat, dan banyak tampil memberikan ilmu yang sudah diberikan di Unsil. Mudah-mudahan membawa perubahan yang baik,” ungkapnya. 
 Usai upacara pembukaan dan sambutan, dilanjutkan dengan pemberian materi sebagai pembekalan untuk seluruh mahasiswa sebelum melaksanakan KKN.

Pengematan oleh Pak Rektor dan Bupati Tasikmlaya Perwakilan tiap jurusan

Raih Amal Sholeh Bagikan Artikel Ini :

0 comments:

 

© Copyright 2012 LDK KISI | Sahabat Semua | Design Edit By LDK KISI | Powered By Blogger