Update Berita :

Urgensi Tarbiyah Dzatiyah

07 November 2013

      Tarbiyah Dzatiyah merupakan pendidikan yang harus dilakukan oleh seorang muslim dan muslimah karena sesorang sangat mengetahui akan dirinya sendiri. Seperti apa yang dibutuhkannya dalam segi meningkatkan kecintaannya kepada Sang Kholik. Dalam tarbiyah dzatiyah seseorang mampu melakukan mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan ketika imannya sedang futur atau lemah.
      Tarbiyah Dzatiyah adalah pembinaan yang dilakukan seseorang untuk membina dirinya sendiri dari musuh besar umat muslim yaitu mengendalikan hawa nafsunya sendiri dan membentengi diri dari godaan setan dan jin yang berada di lingkungan manusia.
Dalam melakukan tarbiyah dzatiyah ada beberapa metode yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut.
         Pertama, muhasabah. Muhasabah merupakan hal pertama yang harus dilakukan karena dalam muhasabah seorang muslim harus merenungkan akan kebaikan-kebaikan dan keburukan-keburukan yang telah ia lakukan selama satu hari itu. Setelah itu, kebaikan yang telah dilakukan untuk esok harinya harus lebih ditingkatkan lagi sedangkan keburukannya harus dihapuskan dan jangan pernah terjerumus lagi untuk melakukan keburukan-keburukan itu lagi.
         Kedua, taubat dari segala dosa. Merupakan hal penting yang harus dilakukan karena dengan kita bertaubat khususnya taubatan nasuha dosa kita dapat gugur. Sesungguhnya Allah swt. itu Sang pemberi ampun. Hanya saja semua dosa kita akan diampuni ketika kita memang benar-benar melakukan taubatan nasuha.
       Ketiga, mencari ilmu dan memperluas wawasan. Dalam tarbiyah dzatiyah kita diharuskan mencari ilmu sampai akhir hayat. Karena dapat memperkokoh ketakwaan kita kepada Allah swt.
          Keempat, mengerjakan amalan sholeh. Hal ini sangat penting karena dapat mengurangi dosa kita di masa lampau.
         Kelima, memperhatikan aspek ahlak terutama dalam segi moral. Maksudnya seorang muslim harus bisa berkelakuan sebagaimana mestinya yang dianjurkan oleh para nabi.
           Keenam, terlibat dalam aktivitas dakwah.
         Dan yang terakhir adalah menjadi seorang mujahadah atau dapat disebut JIHAD. Ini merupakan sarana terakhir dalam tarbiyah dzatiyah. Jika kita memang melakukan ini benar-benar maka insya allah kita akan dimasukkan ke surga-Nya.
      Tarbiyah dzatiyah sangat penting dan sangat bermanfaat bagi kaum muslim dan muslimah. Mengaapa? Hal ini dikarenakan seseorang tidak akan dapat meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah swt. jika seseorang itu tidak dapat melaksanakan tarbiyah dzatiyah.
Sebenarnya tarbiyah dzatiyah itu dapat dilaksanakan jika seorang muslim dan muslimah itu memiliki kemauan yang sangat kuat dari dirinya sendiri. Dengan adanya kemauan yang kuat maka seseorang itu dapat dikatakan telah bisa mengendalikan hawa nafsunya. n_n

Terima kasih ...!!! @#$$$$%%

oleh : Agustine Sartika
Raih Amal Sholeh Bagikan Artikel Ini :

0 comments:

 

© Copyright 2012 LDK KISI | Sahabat Semua | Design Edit By LDK KISI | Powered By Blogger